Jumlah PNS di Sumut Diyakini Membengkak

28-7-13-PNSJAKARTA – Di Sumatera Utara hanya Pemprov Sumut dan 12 pemkab/pemko di wilayah Sumut yang boleh ikut melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 dari jalur umum, namun jumlah PNS di   Sumut tetap bakal membengkak.

Selain dari honorer K1, penambahan terbesar dari honorer K2 yang tes tertulisnya digelar Oktober mendatang. Dari Pemprov Sumut dan seluruh kabupaten/kota di Sumut, total honorer K2 yang akan mengikuti tes tersebut sebanyak 15.336 orang (rincian lihat tabel).

Data honorer K2 itu sudah dipublikasikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) beberapa wak tu lalu. Kalau pun ada ada perubahan daftar nominatif K2 itu, perubahan tidak seberapa, hanya terjadi jika ada sanggahan publik. Pasalnya, data yang dipublikasikan sudah melalui proses validasi oleh BKNn
Hanya saja, dari 15.336 orang, kemungkinan besar hanya 4.500 saja yang akan lolos. Artinya, sebanyak 10.836 honorer K2 asal Sumut, bakal gagal menjadi PNS. Perkiraan ini berdasar keterangan Deputi Informasi Kepegawaian BKN Yulina Setiawati, yang menyebut honorer K2 yang akan lolos jadi PNS hanya 30 persennya saja.

“Kuota untuk tenaga honorer K2 telah ditetapkan sebanyak 30 persen dari jumlah honorer K2 nasional,” ujar  Yulina Setiawati dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan CPNS Tahun 2013 di Balai Kartini Jakarta, beberapa hari lalu.

Untuk angka nasional, ada sebanyak  613.919  tenaga honorer K2 akan mengikuti tes CPNS Oktober nanti. Dari data honorer K2 dari Sumut, terlihat terbanyak dari Nias Selatan yang mencapai 1699. Paling sedikit dari Pakpak Bharat yang hanya 5 honorer K1.

Pemko Medan, yang tidak ikut merekrut CPNS dari jalur umum, menyodorkan 945 honorer K2 untuk ikut seleksi. Sedang honorer K2 dari Pemprov Sumut hanya 15 orang.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari wilayah Sumut, hanya Pemprov Sumut dan 12 pemkab/pemko saja yang mendapat jatah kursi CPNS baru dari jalur umum yang pelaksanaan tesnya dilakukan September mendatang.

Yakni Kabupaten Batubara, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas, Padanglawas Utara, Deliserdang, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan Kota Sibolga. (sam)

Berita terkait: